Kaesang Jelaskan Ketidakhadiran di Pertemuan Prabowo

Kaesang Jelaskan Ketidakhadiran di Pertemuan Prabowo

Sejumlah Ketua Umum Partai dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengadakan pertemuan di Kantor Kementerian Pertahanan pada Kamis, 20 Juni 2024. Pertemuan tersebut dipimpin oleh Presiden terpilih (2024-2029) Prabowo Subianto dan dibagikan melalui akun Instagram pribadinya.

Dalam unggahan tersebut, terlihat Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta. Selain itu, Menteri BUMN Erick Thohir juga hadir.

Namun, pertemuan ini tidak dihadiri oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, membantah ketidakhadirannya. Menurut Kaesang, dia hanya belum tiba di ruang tunggu saat pertemuan berlangsung.

“Itu kan lagi di ruang tunggu, saya belum datang saja,” kata Kaesang kepada awak media di Jakarta Pusat, Jumat (21/6/2024).

Kaesang memastikan dirinya hadir dan mengikuti diskusi dalam pertemuan tersebut. Dia menegaskan bahwa pertemuan tidak membahas tentang kabinet pemerintahan 2024-2029. Menurut Kaesang, Prabowo hanya memberikan kuliah umum tentang geopolitik.

“Geopolitik, semuanya. (Soal persiapan kabinet?) Enggak ada,” tegas Kaesang.

Pernyataan Airlangga Hartarto tentang Pertemuan KIM di Kantor Prabowo

Airlangga Hartarto juga memastikan bahwa pertemuan tersebut tidak membahas soal kabinet.

“Enggak ada (bahas kabinet), murni paparan,” jelas Airlangga saat dikonfirmasi terpisah di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (20/6).

Airlangga menambahkan bahwa hasil pertemuan dengan Prabowo tidak dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo. Kedatangannya ke Istana hanya untuk membahas soal pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).