Mitsubishi Pajero 2027: Hadir dengan Teknologi Hybrid

Mitsubishi Pajero 2027: Hadir dengan Teknologi Hybrid

Mitsubishi Pajero dihentikan produksinya sejak 2021 di Jepang. Pajero dan Pajero Sport merupakan dua produk berbeda, dan rumor menyebutkan bahwa Mitsubishi akan kembali menghidupkan Pajero.

Dikenal juga dengan nama Montero atau Shogun di beberapa negara, Mitsubishi Pajero yang dihentikan produksinya adalah model lama. Pertama kali diperkenalkan pada 1982 dan terakhir diperbarui pada 2006.

Sementara itu, Mitsubishi Pajero Sport yang masih ada hingga saat ini dikenal dengan berbagai nama di berbagai negara, seperti Mitsubishi Pajero Sport, Montero Sport, Shogun Sport, dan Strada G-Wagon. Seiring perkembangannya, mobil ini tidak hanya dirakit di Jepang.

Keputusan Mitsubishi untuk menghentikan Pajero disebabkan oleh persaingan yang ketat dengan kendaraan berukuran lebih kecil dan kebijakan emisi yang semakin ketat.

Mitsubishi Pajero berada di segmen Big SUV dengan pesaing utama seperti Toyota Land Cruiser. Sementara Mitsubishi Pajero Sport bersaing di segmen Medium SUV dengan kompetitor seperti Toyota Fortuner hingga Nissan Terra.

Menurut Carscoops, Mitsubishi Pajero akan kembali hadir pada tahun 2027 dengan tampilan lebih mewah untuk menyaingi Range Rover.

Sumber yang sama menyebutkan bahwa off-roader ikonik ini akan diperkenalkan kembali sebagai SUV plug-in hybrid kelas atas yang lebih canggih, namun akan menggunakan platform Outlander generasi terbaru, Common Module Family (CMF) dari aliansi Mitsubishi, Renault, dan Nissan.

Ukuran bodinya diperkirakan memiliki panjang sekitar 4.900 mm, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.850 mm, sedikit lebih besar dibandingkan Outlander PHEV.

“Proyek Pajero generasi berikutnya telah dimulai dan ditargetkan untuk debut resminya pada tahun 2027,” demikian keterangan dari Best Car Japan.

Dengan posisi Pajero yang semakin premium, pesaing utama Pajero yang diperbarui dapat melawan Lexus GX, Land Rover Defender, Jeep Grand Cherokee, Range Rover Sport, Audi Q7, BMW X7, dan Infiniti QX80.